Hampir Memasuki Waktu Lahiran? Siapkan Beberapa Hal Ini

Memasuki waktu kelahiran, tentu membuat keluarga semakin tidak sabar untuk menanti kedatangan si buah hati. Banyak hal yang harus dipersiapkan mulai dari menentukan nama yang tepat dan tentunya perlengkapan apa saja yang harus digunakan agar nantinya tidak repot ketika si buah hati sudah hadir ditengah-tengah mereka.

Meskipun saat ini sudah banyak informasi yang bisa mereka dapatkan dari internet, persiapan untuk bayi juga harus dipersiapkan dengan matang. Maka dari itu, penting bagi keluarga untuk melakukan sesi konsultasi dengan dokter lahiran bayi agar tidak terjadi kesalahan atau kurang dalam melakukan persiapan.

dokter lahiran bayi

Apa saja yang harus dipersiapkan? Berikut rincian informasinya :

  • Catat apa saja yang perlu dipersiapkan

Persiapan yang dimaksudkan di sini bukanlah persiapan secara fisik saja seperti pakaian dan lain sebagainya, melainkan berupa catatan seputar guideline yang harus dilakukan agar tidak merasa bingung saat hari H datang.

Sebagai contoh, cobalah tulis di rumah sakit mana si Ibu akan melakukan persalinan. Cobalah buat janji dengan dokter pilihan Ibu karena kenyamanan adalah hal terpenting ketika si Ibu menghadapi masa persalinan. Kemudian siapa saja orang yang ingin diajak untuk menemani si Ibu. Hal ini penting agar nantinya Ibu merasa aman di dekat orang yang sudah dikenalnya.

  • Cari tahu dokter anak yang tepat

Memilih dokter anak sebelum melahirkan merupakan sebuah persiapan yang penting untuk dilakukan. Meskipun banyak orang yang menganggap bahwa hal ini tidak terlalu urgent untuk dilakukan, pasti nantinya orang tua membutuhkan bantuan dokter anak untuk memantau pertumbuhan anak mereka.

  • Ikut kursus parenting dan menyusui anak

Pelatihan ini penting untuk dilakukan agar Ibu muda atau Ibu baru tidak merasa bingung dengan apa yang dihadapi kedepannya, kecuali jika si Ibu sudah memiliki pengalaman sebelumnya.

Dewasa ini banyak sekali Ibu muda yang mengeluhkan sulitnya memberi asi kepada bayi yang baru lahir. Bahkan ada beberapa Ibu yang memiliki masalah pada ketidak lancaran mereka dalam memproduksi asi. Itulah pentingnya kursus, Anda akan diberikan petunjuk mengenai bagaimana cara menghasilkan asi melalui metode-metode tertentu. Sehingga Anda tidak perlu merasa cemas lagi dengan pengalaman pertama Anda sebagai Ibu.

  • Sudah mulai mempersiapkan tas berisi keperluan Ibu dan bayi

Setidaknya lakukan persiapan ini seminggu sebelum si Ibu memasuki tanggal yang diprediksikan oleh dokter. Hal ini sangat berguna agar Anda tidak akan merasa gugup ketika si Ibu mulai merasa mulas dan merasa ingin melahirkan.

Masukan pakaian-pakaian bayi yang sebelumnya sudah dibeli dan disiapkan bersama, jangan lupa bawa juga perlengkapan yang dibutuhkan si bayi seperti selimut dan lain sebagainya. Selain perlengkapan si bayi, Anda juga perlu membawa perlengkapan si Ibu.

Jangan sampai karena Anda terlalu sibuk untuk menyiapkan barang-barang bayi, perlengkapan penting yang dibutuhkan oleh Ibu menjadi terlalaikan. Siapkan baju ganti, makanan yang disukai si Ibu, dan keperluan-keperluan yang bisa membangkitkan mood si Ibu karena hal ini sangat baik untuk mengembalikan emosi si Ibu pasca melahirkan.

Itulah beberapa persiapan yang perlu untuk dilakukan agar pengalaman melahirkan bagi si Ibu menjadi pengalaman yang nyaman dan menyenangkan. Hindarkan Ibu dari situasi-situasi yang bisa membuat mereka menjadi stres, karena hal ini tentu sangat berpengaruh pada kesehatannya dan tentunya berimbas ke kesehatan si kecil.

Untuk persiapan yang matang, cobalah untuk konsultasikan lagi dengan dokter lahiran bayi yang sudah ditunjuk. Jika sudah, maka lakukan seperti yang diinformasikan agar kelahiran si buah hati menjadi lancar tanpa suatu hambatan apapun.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>